Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Pengikut

Blogroll

Blogger templates

Blogger news

o'clook

RSS

Pages

Alat-alat kedokteran adalah alat yang dipergunakan dalam bidang kedokteran. Fungsinya mulai dari pemeriksaan, pemeliharaan, sampai pengobatan. Banyak sekali jenis dari alat-alat kedokteran ini, begitu pun fungsinya. 
Hal ini perlu diketahui untuk menambah wawasan kita dalam bidang kedokteran, karena ternyata kini tidak sedikit alat-alat kedokteran yang wajib dimiliki di dalam rumah kita sendiri. Berikut ini adalah beberapa jenis alat-alat kedokteran yang sering dipergunakan serta fungsi pentingnya.

Stetoskop
Stetoskop adalah salah satu alat yang sudah menjadi simbol dari profesi kedokteran. Wajib bagi seorang dokter untuk memiliki alat kedokteran ini. Fungsi dari stetoskop ini adalah untuk mendengarkan detak jantung, suara usus, dan lain sebagainya. Dengan kemampuannya ini, Stetoskop dapat digunakan pula untuk mengetahui kerja paru-paru dan juga untuk mengukur tekanan darah dengan mendengarkan denyut nadi.

Endoscopy
Endoscopy adalah salah satu alat kedokteran yang memiliki fungsi untuk mengetahui kelainan yang terjadi pada alat-alat pencernaan bagian atas dan juga tenggorokan.

Colonoscopy
Colonoscopy adalah alat kedokteran yang fungsinya untuk mengetahui kondisi saluran pencernaan bagian bawah. Bagian tersebut dimulai dari rectum, anus sampai dengan usus pada bagian bawah.

Tensimeter
Alat kedokteran ini dipergunakan untuk mengukur tensi atau tekanan darah. Dipergunakan untuk pemeriksaan pasien hipertensi, anemia, dan lain sebagainya. Ada dua jenis tensimeter yaitu tensimeter air raksa dan tensimeter digital.
Tensimeter air raksa di luar negeri saat ini sudah dilarang untuk digunakan lagi karena bahaya dari air raksanya jika tensimeter tersebut pecah. Tensimeter digital sendiri lebih canggih dan praktis dipergunakan, namun harganya memang lebih mahal dibandingkan dengan yang konvensional.

Termometer


Termometer adalah alat untuk mengukur tingkat panas suatu benda. Tingkat panas benda dinyatakan dalam satuan derajat (o). Termometer berupa tabung kaca berskala yang didalamnya diisi zat cair. Pada suhu yang lebih tinggi, zat cair dalam tabung memuai sehingga menunjuk angka yang lebih tinggi pada skala. Sebaliknya,pada suhu yang lebih rendah, zat cair dalam tubuh menyusut sehingga menunjuk angka yang lebih rendah pada skala.
Beberapa keunggulan termometer raksa:
*      Raksa tidak membasahi dinding kaca. Akibatnya, pembacaan skala menjadi lebih teliti, terutama jika suhu berubah-ubah dengan cepat.
*      Jangkauan ukurnya lebih lebar. Hal itudisebabkan interval titik beku dan titik didih raksa lebar. Raksa membeku pada suhu -39 oC dan mendidih pada suhu 357 oC.
*      Raksa berwarna mengilap seperti perak.hal itu memudahkan pembacaan skala.
*      Raksa merupakan penghantar yang baik. Pemuaian raksa juga teratur.
Termometer alkohol dapat digunakan untuk mengukur suhu yang sangat rendah. Hal itu disebabkan titik beku alkohol mencapai -115 oC. Namun, termometer alkohol tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu tinggi. Hal itu disebabkan pada suhu 78 oC alkohol mendidih. Kelemahan lain adalah alkohol tidak berwarna dan membasahi dinding kaca sehingga mempersulit pembacaan skala. Lain halnya lagi dengan termometer  digital, cara kerja termometer ini lebih akurat, tetapi hanya digunakan untuk mengukur suhu badan saja tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu benda lainnya. Keluarga saya sering menggunakan termometer ini saat demam.
Ketika keponakan pertama saya, Tio demam. Kakak saya memeriksa suhu badannya menggunakan termometer digital. Penggunaan termometer ini cukup mudah, kita hanya menyelipkannya di lipatan lengan. Lalu alat ini mulai bekerja, dan hasilnya bisa dilihat langsung, lebih praktis. Alat ini bekerja menggunakan baterai, seperti baterai jam


CT-Scan

alat ct scan
CT- singkatan dari Computed Temography sedangkan Scan adalah foto. Sehingga fungsi dari alat ini tiada lain adalah untuk menghasilkan foto bagian-bagian dalam dari tubuh dengan lebih lengkap dan akurat. Hal ini dikarenakan foto yang dihasilkan dari CT-Scan ini merupakan foto (gambar) bagian dalam tubuh berupa irisan.

X-Ray
X-ray Radiation in Medicine

X-Ray Radiation
Orang lebih mengenal alat kedokteran ini dengan sebutan Rontgen. Alat ini dipergunakan untuk mengetahui bagian dalam khususnya paru-paru. X-ray menjalankan fungsi kerjanya dengan penggunaan sinar radiasi.

Laparoscopy
Apex Hospital, sirsa laparoscopy

Alat kedokteran ini adalah alat yang berfungsi untuk pembersihan darah. Selain itu, laparoscopy juga dipergunakan untuk melakukan inseminasi.

Alat Cek Darah
 
Alat cek darah biasanya memiliki tiga fungsi dalam satu alat. Selain untuk mengecek kadar gula darah, juga dapat digunakan untuk mengecek asam urat dan kolesterol dalam darah. Dipergunakan pada pemeriksaan penyakit kolesterol, asam urat, diabetes, dan lain sebagainya.

Ultrasonography (USG)
http://healthylifecarenews.com/wp-content/uploads/2010/11/usg21.jpg
USG sering dipergunakan untuk melihat perkembangan janin dalam tubuh ibu hamil, untuk mengecek adanya penyakit lain dalam tubuh seperti kanker, miom, dan lain sebagainya.

Elektrokardiografi (ECG)
Sinyal EKG
Elektrokardiografi adalah alat kedokteran yang fungsinya untuk merekam aktivitas elektro atau kelistrikan yang terjadi di dalam jantung. Hasilnya dapat terlihat pada elektrodiagram. Biasanya dipergunakan pada penyakit-penyakit yang berkaitan dengan fungsi dari jantung.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar